Monday 3 October 2016

Renault Twizy , Bajaj Pesaing Toyota i-Road

Baca Juga

Renault akan membuka pemesanan model terkecil dari jajaran kendaraan Z.E atau mobil elektriknya yakni Twizy bagi konsumen di Eropa. Sebelumnya di Inggris, pemesanan Renault Twizy secara online pada website resmi Renault Z.E sudah dilakukan dengan down payment sekitar £20 (Rp 280 ribu).

Sedangkan untuk harga Twizy, Renault mematoknya £6.690 (Rp 94 jutaan) untuk varian Urban. Sementara varian yang lebih tinggi kelasnya  yang disebut Technic dibanderol £7.400 (Rp 104 jutaan). Renault Z.E menyediakan leasing bagi baterai penyuplai energi listrik Twizy, Renault siap menyewakan baterai dengan harga £40 (Rp 560 ribu) per bulan.

Renault Twizy merupakan kendaraan dengan 2 penumpang berukuran micro, keunikan mobil ini adalah posisi tempat duduk penumpang yang diatur secara tandem, seperti menumpangi kendaraan umum beroda tiga dengan sopir di depan sementara penumpang di belakang.

Model ini memang diperuntukkan sebagai kendaraan komuter yang sangat pas untuk berhadapan dengan padatnya lalu lintas perkotaan. Dengan bodi dirancang seakan membungkus secara menyeluruh berikut side deflector yang memberikan sensasi berkendara secara open-air dengan penumpang yang terlindungi.

Untuk perlengkapan aksesorinya, Renault Z.E memberikan sebuah tas multifungsi berkapasitas 50 liter. Lalu sistem audio Parrot yang terintegrasi dan dilengkapi koneksi Bluetooth dan slot USB serta Apple. Disediakan pula sensor parkir dan juga masih banyak lagi variasi perlengkapan opsional lainnya.

Mobil listrik ini sangat ringan dan hanya berbobot 450 kg. Itu sudah termasuk bobot paket baterainya yakni seberat 100 kg, makanya ia diklaim sangat cocok untuk konsumen yang tinggal di perkotaan.

Apalagi menyangkut soal kepraktisan dalam pengisian ulang baterainya. Renault Z.E menuturkan baterai Twizy butuh sekitar 3,5 jam agar baterai terisi penuh dan bisa diisi ulang via soket rumah yang disambungkan dengan kabel di balik kap depan. Kinerja motor listriknya itu mampu mengeluarkan tenaga 17 dk dengan torsi 70 Nm.

Sementara jarak yang sanggup ditempuh Twizy dengan kondisi baterai penuh mencapai 100 km  dengan kecepatan tertinggi sekitar 75 km/jam. Renault tak merasa perlu mempaparkan dengan jelas kemampuan Twizy ini dalam berakselerasi, namun indikasinya adalah setara dengan sebuah sepeda motor berkapasitas mesin 125 cc standar.

Jadi bisa dibilang kalau mengendarai Twizy ini adalah sebuah sensasi berkendara ala menunggangi sebuah sepeda motor namun berwujud mobil. Sebab dengan bodi mayoritas transparan menghadirkan nuansa open-air bagi penggunanya, namun terbungkus dan terlindung oleh bodi kendaraan.