Monday 12 March 2018

Audi Gandeng Airbus untuk Ciptakan Mobil Terbang

Baca Juga

Kumparan.com - Sebelumya, perusahaan otomotif Porsche telah mendeklarasikan soal rencananya mengembangkan taksi terbang berpenumpang. Tak mau kalah, kini Audi pun turut menjajal peruntungan melalui mobil terbang.
Untuk proyek ini, Audi bermitra dengan Airbus --produsen pesawat komersial asal Prancis -- dan Italdesign --perusahaan penyediaan layanan pengembangan untuk industri otomotif.



Dalam hal ini, baik Audi, Airbus, juga Italdesign saling bertukar teknologi dalam mengembangkan self-driving car dengan kemampuan jelajah di udara.
Memanfaatkan gelaran Geneva Motor Show 2018, ketiganya memamerkan konsep mobil terbang yang diberi nama Pop.Up Next.

Dikutip Carscoops, Senin (12/3), mobil terbang ini berbasis listrik dan sudah menerapkan teknologi otonom. Kendaraan berdesain kompak ini berkapasitas dua penumpang. Dia punya modul darat dan udara.

Pada modul darat, Pop.Up Next mengandalakan dua motor listrik yang memiliki kapasitas baterai sebesar 15 kWh. Di atas kertas Audi menjanjikan Pop.Up Next mampu memuntahkan tenaga setara 80 daya kuda (dk).
Pop.Up Next diyakini dapat melaju sejauh 130 km untuk satu kali pengisian penuh.

Sedangkan untuk modul terbang, modul dibekali dengan empat baling-baling layaknya drone. Setiap baling-baling disokong motor listrik sebesar 26 daya kuda (dk) yang dikemas bersama baterai berkapasitas 70 kWh.

Pada saat mode terbang diaktifkan, tenaga maksimum yang mampu disemburkan oleh seluruh baling-baling tembus di angka 214 dk. Untuk kecepatan maksimun pada saat penyetelan modul terbang, memungkinkan Pop.Up Next mampu mencapai kecepatan tertinggi hingga120 km/jam.

Lebih lanjut, Pop.Up Next ini hanya memiliki daya jelajah sejauh  50 km dengan sekali pengisian penuh. Apabila daya baterai habis, kapsul ini harus diisi ulang selama 15 menit untuk dapat dioperasikan kembali.

Pop.Up Next ini diklaim menjadi solusi tepat untuk mengatasi padatnya lalu lintas di kota-kota besar. Penumpang pun tinggal duduk dan memasukkan lokasi yang dituju, maka sistem akan mengantarnya secara otomatis.

Sayangnya, sejauh ini belum ada keterangan merinci soal waktu Pop,Up Next kapan diproduksi dan dijual ke publik.