Sunday 8 April 2018

Watkins M001, Motor Sangar yang Mengagumkan

Baca Juga

Viva.co.id - Apa yang akan Anda katakan jika melihat motor dengan bentuk seperti di atas. Tentu kata yang tepat untuk menggambarkannya adalah ngeri-ngeri sedap. Bagaimana tidak, tampangnya benar-benar mengagumkan dan jauh dari reka bentuk motor-motor pada umumnya.

Motor ini diberi nama Watkins M001. Si pencipta Jack Watkins menyatakan, butuh waktu bertahun-tahun untuk menciptakannya.

Seperti dilansir Motomalaya, Jumat 6 April 2018, cerita bermula saat Watkins memiliki ide mengembangkan motor sangar dengan mesin BMW R1150. Kata dia, butuh empat tahun untuk melakukan pengembangan awal.



Dia tak sendiri, karena dibantu Mateusz Kozlowski dari Moto Spec di Gdansk. Hasilnya, hampir seluruh bagian yang dibuat nampak begitu sempurna, dan menghidupkan visi awal Watkins.

Walau mesin menggunakan milik BMW, tetapi ratusan komponen dibuat secara khas. Setengah bagian didapat dari berbagai sumber, seperti mesin milik R 1150 RT besutan 2002, roda belakang milik GS, dan roda depan dari Yamaha XJ6.

Sasis juga tak luput dari perhatian. Semua dibuat dengan detail dan rapi. Tangki bahan bakar berkapasitas 16 liter yang terbenam juga menjadi salah satu bagian sempurna.