Wednesday 31 May 2017

Pesaing Avanza dari Tiongkok Dijual Rp 150 Juta?

Baca Juga


“Berapa harga yang menurut Anda pantas untuk ?” itu pertanyaan yang dilontarkan Cai Yanan, Vice President of Vehicle, Sales, Service and Marketing Wuling Motors, kemarin (22/5).
Setelah pertanyaan dari wanita yang akrab dipanggil Cindy itu keluar, sontak para tamu undangan yang berasal dari media nasional, termasuk OTO.com menjawab, “Rp 150 Juta!” dan jawaban itu pun diterima baik oleh Cindy.
Alasan para jurnalis menyebut angka itu, tentu bukan sembarang. Melihat kondisi pasar saat ini, banyak mobil menarik yang ditawarkan di level nominal tertentu, jelas mencerminkan daya beli masyarakat. Lihatlah kelas LCGC, atau Toyota Avanza dan mobil sekelasnya yang ditawarkan dengan diskon hingga puluhan juta.
[caption id="attachment_65227" align="alignnone" width="650"]
Wuling Confero S[/caption]
Angka Rp 150 juta tentu menjadi nilai yang masuk akal. Apalagi dengan fakta bahwa Wuling adalah merek baru dan memiliki sumber daya serta teknologi yang terkenal lebih terjangkau dibanding merek Jepang.
“Itu masuk harga yang terdengar menarik,” jawab Cindy.
Lalu apakah memungkinkan jika merek Tiongkok ini membanderol mobil dengan harga seperti itu? Kenapa tidak. Merek dari daratan Cina lain, Geely dengan produk Emgrand MK7, pesaing Honda Civic dijual hanya RP 250 jutaan. Jauh lebih murah, bukan?
Apalagi Wuling yang sudah menyiapkan lengkap dengan supliernya? Rasanya mewujudkan harga segitu bukanlah mustahil. Momentum pengujian Confero S memang dimanfaatkan betul oleh pabrikan untuk mendapat feedback dari kami.
“Lewat acara ini, kami ingin menanyakan pada Anda, berapa harga yang pantas untuk mobil ini. Bagaimanapun juga kami ingin melibatkan konsumen, media untuk membantu menentukan harga pastinya,” jelas Cindy.
Wuling baru saja diperkenalkan. Setelah di GIIAS 2016 versi Tiongkoknya dipajang, kemarin (22/5) versi produksi Cikarangnya ditampillkan. Pesaing Toyota Avanza ini memiliki banyak fitur menarik yang tak dimiliki kompetitor.
Mobil ini dibangun dengan bodi berukuran 4.530 mm x 1.691 mm x 1.730 mm (P x L x T). Berkat dimensi itu, Confero S memiliki daya angkut yang banyak dan fleksibel. Ada dua jenis konfigurasi bangku yang ditawarkan, 8 atau 7 seater. Pembedanya bahkan bukan cuma itu, tipe 7 seater disajikan dengan bangku baris kedua jenis captain seat.
Mesin pesaing Avanza dan Mobilio ini adalah unit 4-silinder 1.5 liter (1.485 cc) DOHC D-VVT berskema gerak roda belakang (RWD). Adapun tenaga puncaknya adalah 107 PS / 5.800 rpm dengan torsi 142 Nm/ 3.800-4.400 rpm. Sayangnya pada seri pertama peluncuran nanti, hanya ada satu pilihan transmisi manual 5-percepatan.
Semoga saja paket harga yang ditawarkan Wuling bisa sekompetitif yang mereka janjikan, ya!