Tuesday 7 October 2014

Riset Yamaha Jupiter Z1 Masih Diperlukan

Baca Juga


Berita Otomotif IndonesiaTidak berbeda dengan tahun lalu, kiprah tim Suracojaya Abadi Motor (SJAM) di ajang balap Yamaha Cup Race (YCR) level nasional, menggunakan motor Yamaha Jupiter Z1. Bedanya, tahun ini mereka menggunakan Jupiter Z1 versi Motoprix yang dibagikan khusus oleh Yamaha.

Meski demikian, performanya masih jauh dari Jupiter Z1 versi Indoprix. Lantaran material mesin sangat berbeda. Belum lagi pengembangannya masih diserahkan langsung ke tim balap. Seperti yang dilakukan oleh tim SJAM dengan menurunkan motor spek Motoprix di YCR Makassar (28/9/2014).

"Sebenarnya kami menggunakan motor Yamaha Jupiter Z1 dengan teknologi injeksi yang sama dengan injeksi di motor Indoprix. Tapi material mesinnya beda. Jadi belum ketemu setup terbaik saat di sirkuit," jelas Genta, kepala mekanik di tim SJAM.

Kenyataan pencapaian Jupiter Z1 yang diriset oleh tim SJAM, memang tampil belum kompetitif. Tapi di kelas YCR1 (bebek tune up 125 cc seeded), mereka mampu menempatkannya di grid start sembilan melalui pembalap muda Wildan Goma. Sayang, Wildan gagal finish ketika balapan berlangsung karena masalah teknis.

Untuk pencapaian waktu tercepat dalam kondisi trek normal alias siang hari, motor ini mampu mencapai detik yang sama dengan Jupiter z. Seperti saat melakukan sesi tes di Sirkuit Sudiang, Makassar. Mereka mampu membukukan 43 detik dalam satu lap.

"Bedanya Jupiter Z cetak waktu lap tercepat 43 detik kecil, kalau Z1 masih 43 besar. Tapi kami akan terus melakukan riset untuk membuatnya jadi kompetitif. SJAM juga punya Jupiter Z1 hasil riset sendiri yang kami turunkan tahun lalu. Kalau yang itu, kami juga terus lanjutkan risetnya di balap tingkat daerah," pungkas Genta.

Genta melanjutkan bahwa untuk mendapatkan pencapaian yang sama dengan Jupiter Z versi balap, ia akan melakukan riset sedikit demi sedikit. Terutama membuat setup kaki-kaki dan rangka jadi klop.
UDA

sumber : metrotvnews.com