Thursday 26 April 2018

10 Tips Membeli Mobil Bekas

Baca Juga

Sebagian tips membeli mobil bekas ini mungkin tidak baru untuk Anda. Kerap kali tips dan triknya hanya menerapkan ilum yang sudah Anda ketahui tentang mobil. Sebagian lain, ketika datang untuk membeli barang yang cukup mahal seperti membeli mobil, tips dan trik berikut dapat menghemat beberapa juta atau bahkan puluhan juta rupiah. Berikut hal yang harus dicoba.

1. Mulai penawaran di angka yang rendah. 

Oke, kamu pasti tahu ini. Trik yang mungkin belum Anda gunakan, meninggalkan nomor telepon Anda pada penjual setelah menawar. Berharaplah penjual putus asa menjual mobilnya, terutama setelah Anda meyakinkan mereka bahwa harga yang mereka tawarkan cukup tinggi. Mungkin mereka akan menelepon Anda untuk menurunkan penawaran, khususnya bila mereka sedang BU (butuh uang)

2. Hati-hati dengan panduan harga mobil. 

Kita bisa gunakan info-info seperti flyer, atau situs penyedia informasi mobil bekas dll, tetapi cobalah untuk tidak membayar lebih dari harga pada panduan itu. Mungkin kita sudah melihat berkali-kali ketika orang yang saya kenal telah membayar lebih dari harga panduan jadi harga penjualan "rata-rata" ini diragukan. Mungkin saja harga rata-rata itu adalah harga jual yang tercatat.

3. Bicaralah dengan kenalan. 

Ini adalah salah satu penggunaan tips membeli mobil yang paling sederhana dan efektif. Beri tahu kenalan Anda bahwa Anda cari mobil dengan spesifikasi yang diinginkan. Cukup sering orang akan dengan senang hati menunjukkan mobil mereka dan menjual kepada teman. Cukup efektif bagi mereka karena mereka tidak perlu pasang iklan, cari pembeli dan proses-proses lain untuk menjual mobil bekas mereka..

4. Periksa mesin mobilnya. 

Lihatlah langsung mobilnya, dan tanyakan apa yang mungkin dibutuhkan di tahun depan atau lebih. Kemudian buatlah daftar barang-barang yang harus dilakukan, misal memperbaiki AC, ganti ban, perpanjang pajak, sehingga nantinya penjual dapat melihat secara tertulis mengapa Anda menawarkan kurang dari yang ia inginkan.

5. Lelang. 

Lihat apakah ada lelang umum di wilayah Anda. Beberapa waktu lalu KPK melelang mobil yang disita, mungkin Anda berminat. Jika tidak, mungkin Anda bisa pergi dengan seorang teman agen dan beri dia komisi untuk membeli mobil untuk Anda.


6. Jasa situs online untuk mobil bekas. 

Ada beberapa situs yang menawarkan jasa untuk membantu pembelian mobil bekas. Beberapa di antaranga memberikan jasa cek oleh montir yang tersertifikasi. Anda akan mendapat laporan mengenai cek montir sehingga bisa memutuskan untuk membeli atau tidak.


7. Mobil "Jelek". 

Perhatikan mobil yang ada di showroom selama berbulan-bulan. Dealer sering menjual mobil itu ini dengan harga murah agar bisa diisi mobil lain. Sekali lagi, Anda mungkin ingin meninggalkan nomor telepon Anda dengan penawaran rendah untuk mobil tersebut.


8. Mobil perusahaan atau mobil sewaan. 

Perusahaan kadang menjual cukup murah ketika mereka mendapatkan yang mobil baru.


9. Mobil sitaan. 

Bank atau multifinance mungkin menjual mobil milik mereka yang disita dari peminjam yang gagal bayar. Anda bisa mencoba mencari mobil seperti ini dengan harga cukup murah.


10. Pertimbangkan jarak tempuh per liter. 

Jarak tempuh per liter yang tinggi mungkin lebih baik karena murah operasionalnya, tetapi mungkin mobil yang harganya beda 5 juta rupiah di bawahnya selisih biaya bahan bakarnya kurang dari 4 juta dalam 2 tahun.


Selain itu, beberapa strategi negosiasi juga bermanfaat dalam membeli mobil bekas. Ini membantu dalam banyak bidang kehidupan, dan yang paling penting dari tips membeli mobil bekas ini.