Wednesday 7 June 2017

GM Andalkan Wi-Fi Direct Untuk Cegah Kecelakaan

Baca Juga

General Motors akan mengembangkan teknologi pendeteksi pejalan kaki untuk model-modelnya dengan mengandalkan konektivitas Wi-Fi Direct.

Sistem kerja dari teknologi ini yaitu dimana standar nirkabel yang memungkinkan smartphone berkomunikasi dengan sesamanya secara langsung. Wi-Fi Direct dapat diintegrasikan dengan deteksi objek berbasis-sensor lainnya dan sistem peringatan pengemudi yang terpasang di mobil.

"Kemampuan nirkabel terbaru ini dapat memperingatkan pengemudi jika ada pejalan kaki yang lewat dari belakang mobil atau sepeda yang berkendara di blind spot (titik yang terlihat) pengemudi mobil.

Peneliti GM menemukan Wi-Fi Direct dapat mengintegrasikan sensor-sensor berdasarkan pendeteksi objek.

Sistem peringatan pengemudi itu akan mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda yang membawa ponsel pintar yang telah dilengkapi Wi-Fi Direct.

Akibatnya, produsen mobil ingin mengembangkan aplikasi pelengkap Wi-Fi Direct yang terintegrasi dengan ponsel pintar sehingga orang-orang yang rentan kecelakaan seperti pengendara sepeda atau pekerja konstruksi dapat mengunduhnya dan Wi-Fi Direct dapat mengenalinya.

Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) sepanjang 2010 sebanyak 4280 pejalan kaki dan 618 pesepeda meninggal karena tertabrak kendaraan bermotor di Amerika Serikat. Dengan fitur ini diharapkan bisa mereduksi lebih jauh lagi. GM akan memasang fitur ini di mobil-mobil Chevrolet, Buick, Cadillac dan GMC.