Tuesday 14 October 2014

Motor Honda CB100, Motornya Para Presiden

Baca Juga

Motor Honda CB100, Motornya Para Presiden
Berita Otomotif Indonesia – Harapan tak selalu bisa dengan mudah diungkapkan. Beberapa orang bahkan tak punya akses untuk mengungkapkan isi hati, termasuk yang dialami Taufik Dwi Cahyo, builder asal Semarang yang mengikuti gelaran Kustomfest 2014. Dirinya hanya bisa menuangkan kegelisahan dalam sepeda motor modifikasi.

Punggawa bengkel modifikasi Dwi Sembada Motor Semarang itu merombak sepeda motor Honda CB100 lansiran 1973 dengan gaya cafe racer. Gaya ubahannya boleh diapresiasi, namun yang lebih menarik perhatian adalah grafis yang terpampang di sekujur tubuh sepeda motor. Dengan tema RI 1, Taufik memajang semua wajah Presiden RI, termasuk yang baru terpilih, Jokowi.

”Kustomfest kan sudah kelas internasional, dan ini keikutsertaan saya yang pertama. Saya ingin mengenalkan Indonesia untuk para turis. Lagipula, biasanya yang lain mengangkat gambar realis atau grafis,” kata Taufik kepada KompasOtomotif (11/10/2014).

"Menang Belakangan"Semua wajah RI 1 terpampang pada sepeda motor. Soekarno ada di tangki kanan, lalu Soeharto di tangki kiri. Tutup aki kanan ada wajah Gus Dur, sementara Megawati di sepatbor depan. SBY diletakkan di tutup aki kiri. Presiden terpilih Jokowi ada di sepatbor belakang.

Ada beberapa pesan yang juga dituliskan di tangki, untuk mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara yang besar. Habibie? ”Ada di helm. Kan dia profesor, letaknya harus ada di kepala. Cuma ketinggalan tidak saya bawa ke Kustomfest,” kelakar Taufik.

Soal posisi, Taufik mengatakan bahwa Jokowi sengaja diletakkan di bagian belakang, karena menjadi presiden terbaru. ”Kalau istilah Jawanya, lakon menang keri (aktor utama menang belakangan). Saya punya harapan besar untuk Pak Jokowi sebagai orang Jawa Tengah,” jelasnya.

Taufik berharap, presiden terpilih lebih memperhatikan industri kreatif, terutama para builder. Perhatian untuk dunia modifikasi diharapkan lebih besar dengan semakin banyaknya ajang dan fasilitas untuk unjuk gigi di mata internasional.
UbahanSelain menonjolkan grafis, ubahan yang dilakukan cukup mumpuni. Konsep café racer bobber menjadi andalan karena saat ini sedang booming, lagi pula, Taufik punya maksud, bahwa Indonesia harus berlari kencang, khususnya di dunia modifikasi sekencang sepeda motor tipecafé racer.

Mesin CB100 dinaikkan kapasitasnya menjadi 550cc. Konsep dua silinder diambil dari Yamaha Scorpio dikonfigurasikan sebagai mesin V-Twin. Taufik membutuhkan waktu perombakan hingga tiga bulan, dikerjakan di bengkel bersama empat kawannya.

Sumber : otomotif.kompas.com